Usai MoU dengan Kemensos, AHF Kunjungi Balai Bahagia Medan

Kunjungan AHF ke Balai Bahagia Medan

Usai MoU dengan Kemensos, AHF Kunjungi Balai Bahagia Medan

MEDAN (14 Desember 2020). Perwakilan AIDS Healthcare Foundation (AHF), dr. Heru Ardiansyaf mengunjungi Balai Bahagia Medan. Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti kesepakatan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Sosial RI dan AHF pada bulan Agustus 2020.

MoU tersebut berbentuk Program Rehabilitasi Sosial dalam Pencegahan, Deteksi Dini HIV, Perawatan, Terapi dan Dukungan bagi Orang Dengan HIV. Kota Medan Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu kota dari 6 (enam) provinsi yang menjadi pilot project MoU antara Kemensos dengan AHF.

Kunjungan AHF ke Balai Bahagia Medan
Direktur RSTS KPO, Waskito Budi Kusumo memaparkan model rehabilitasi sosial orang dengan HIV kepada perwakilan AHF.

Kedatangan dr. Heru disambut oleh Kepala Balai Bahagia Medan, Sumarno Sri Wibowo beserta pejabat struktural. Turut hadir Direktur RSTS KPO, Waskito Budi Kusumo dan Kepala Subdit Tuna Susila dan ODHA, Cecep Surtiaman.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Kepala Balai membahas beberapa hal terkait program rehabilitasi sosial bagi orang dengan HIV. Salah satunya dukungan untuk peningkatan kualitas pelayanan orang dengan HIV melalui tindak lanjut pengajuan mobil penjangkau (ambulance) oleh Balai Bahagia Medan kepada AHF.

Kunjungan AHF ke Balai Bahagia Medan
Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo menjelaskan profil Balai Karya Bahagia Medan kepada perwakilan AHF.

Selain itu, turut dibahas penyelenggaraan bimtek bagi pendamping sosial orang dengan HIV di tingkat desa/ kelurahan dalam rangka peningkatan profesionalitas para pendamping dalam menjangkau dan mendampingi orang dengan HIV yang baru positif. Pendamping yang berkompeten dapat berkontribusi dalam mengurangi angka kematian dari HIV, dan juga membantu mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV melalui edukasi dan pemberian informasi bagi masyarakat.

Kunjungan AHF ke Balai Bahagia Medan
Perwakilan AHF meninjau sarana prasana rehabilitasi sosial orang dengan HIV.

Usai pembahasan, perwakilan AHF meninjau sarana prasarana balai yang difungsikan sebagai tempat rehabilitasi sosial bagi orang dengan HIV antara lain Pusat Informasi dan Edukasi (PIE) HIV Kedai Kopi Gratis, ruangan keterampilan, asrama, ruang makan dan Poliklinik. Melalui kunjungan dan kerjasama Kemensos dengan AHF diharapkan dapat mendukung optimalisasi pelayanan terhadap orang dengan HIV.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×