Terjaring Operasi Penertiban, Balai Karya Bahagia Medan Lakukan Asesmen Bagi 5 PPKS

0
41
Asesmen terhadap Gepeng
Asesmen terhadap Gepeng

MEDAN (5 Mei 2021). Balai Karya Bahagia Medan menindaklanjuti surat dari Dinas Sosial Kota Medan terkait permohonan asesmen terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) kluster gelandangan dan pengemis yang terjaring dalam operasi penertiban. Kepala Balai Karya Bahagia Medan, Sumarno Sri Wibowo menugaskan 4 orang Pekerja Sosial untuk melakukan asesmen terhadap 5 PPKS.

Pekerja Sosial berkoordinasi dengan dengan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Medan, Fahrul Rozi Pane sebelum melakukan asesmen terhadap PPKS. “Kami berterima kasih kepada Balai, karena telah merespon surat dan bersedia untuk melakukan asesmen kepada gelandangan dan pengemis yang terjaring razia di lampu merah Gajah Mada.” Ujarnya.

Pekerja Sosial berkoordinasi dengan Kepala Bidang Rehsos Dinsos Kota Medan

Berdasarkan hasil asesmen, 4 PPKS dipulangkan agar mereka mendapatkan dukungan dan penguatan dari keluarga untuk tidak kembali menjadi gelandangan dan pengemis.

Pekerja Sosial memberikan dorongan kepada keluarga dalam mendukung keberfungsian sosial PPKS

Sedangkan 1 PPKS menerima layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), yakni dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak berupa pangan, sandang, dan tempat tinggal sementara. Terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, dan terapi vokasional diberikan pula untuk meningkatkan kualitas hidup PPKS.

Balai Karya Bahagia Medan juga berupaya untuk menjangkau keluarga PPKS agar PPKS menerima dukungan dan penguatan dari keluarga.

 

Tim Humas Balai Kasrya Bahagia Medan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here