Sentra Bahagia Medan Berikan ATENSI Bagi Anak dengan Gizi Buruk

0
78

MEDAN (30 April 2022) — Tim Sentra Bahagia di Medan berkoordinasi dengan Fahrudin Lubis selaku Kepala Lingkungan XVI, Kel. Bantan Timur, Kec. Medan Tembung terkait kasus anak dengan gizi buruk yang tinggal di lingkungannya.

Berdasarkan wawancara, diketahui bahwa anak sudah di bawa ke RS Pirngadi pada Rabu, 27 April 2022 diantar oleh Kepala Lingkungan, Sekretaris Lurah, dan pihak Puskesmas Mandala agar anak mendapatkan perawatan sementara di RS Pirngadi menggunakan jalur unregister.

Tim Sentra pun mengunjungi anak di RS Pirngadi bersama dengan Riri, Pendamping Rehabilitasi Sosial Kota Medan. Risda (34), ibu kandung anak bercerita bahwa anak lahir dengan berat 2,5 kg dan saat itu masih normal. Bahkan anak sudah bisa berjalan saat usia 18 bulan. Kemudian anak sering mengalami step/kejang hingga membuat tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal. Ditambah Risda bekerja menjadi buruh cuci pakaian sedangkan Abdul Hakim Siregar (Suami Risda) merupakan seorang pengamen.

Selama anak berada di RS, ia menerima asupan dari susu racikan yang dibuat oleh Instalasi Gizi Rumah Sakit. Perawat mengatakan bahwa selama anak mengkonsumsi susu racikan tersebut tidak diperbolehkan untuk memberikan makanan lain kepada anak.

Diketahui pula kondisi anak berangsur membaik selama berada di RS. Dokter berpesan kepada Risda bahwa anaknya bisa membaik dan dapat berjalan kembali karena kakinya masih bereaksi. Namun kelak harus tetap diberikan terapi dan mengkonsumsi makanan yang baik.

Guna meringankan beban keluarga, Sentra Bahagia di Medan memberikan diapers dan minyak kayu putih kepada anak. Sedangkan, kebutuhan permakanan orang tuanya ditanggung sementara oleh Sentra Bahagia di Medan agar mereka lebih fokus merawat anak selama di RS.

Selanjutnya, Sentra akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan Disdukcapil untuk tracing/pembuatan identitas yang kemudian akan diajukan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Tim Humas Sentra Bahagia di Medan