Rapat Evaluasi Penyaluran BST di Sumatera Utara dan Aceh

Rapat Evaluasi Penyaluran BST di Sumatera Utara dan Aceh

Medan, (3 Juli 2020) – Kementerian Sosial RI dan PT. Pos Indonesia menggelar rapat evaluasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) wilayah Sumatera Utara dan Aceh.
BST merupakan jaring pengaman sosial untuk penanganan Covid-19 yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp. 600 ribu/bulan selama tiga bulan, mulai bulan Mei sampai dengan bulan  Juli 2020 melalui PT. Pos Indonesia.
Rapat evaluasi yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Pos kota Medan ini dihadiri oleh Staf ahli Menteri Bidang aksesibilitas sosial, Sonny W. Manalu, Kepala BRSODH “Bahagia” di Medan yang diwakili Kasubag Tata Usaha Robert Sitorus, Kepala PT. Pos Indonesia wilayah Sumut dan Aceh Sri Hendarto, Kepala PT. Pos Indonesia Kota Medan Fuad, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Dinas Sosial Kota Medan, TKSK dan Lurah Medan Kesawan. Sebelum rapat tersebut dimulai, ada penyaluran BST Tahap 2 yang prosesnya disaksikan langsung oleh Bapak Sonny W. Manalu.
Sri Hendarto dalam paparannya menyampaikan penyaluran BST di wilayah Sumatera Utara dan Aceh pada tahap I telah terealisasi sebesar 96% dengan jumlah 774.850 KPM dan tahap II sampai dengan hari ini sengan realisasi sebesar 83%, sedangkan untuk penyaluran tahap III akan dilaksanakan pada minggu ke-3 Juli.
Penyaluran BST dilakukan melalui kantor pos, komunitas dan diantar langsung ke KPM yang memiliki kebutuhan khusus dengan metode pembayaran melalui aplikasi pos giro cash (PGC) melalui handphone android.
Adapun kendala yang dihadapi dalam penyaluran BST pada wilayah Sumatera Utara dan Aceh adalah :
  1. Adanya data ganda dengan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) yang tersebar di berbagai kabupaten/kota
  2. Terdapat kabupaten/kota yang belum melakukan verifikasi data penerima BST
  3. Lokasi pembayaran di kantor pos yang kurang memadai sehingga membutuhkan dukungam dari pemerintah setempat
  4. Pengendalian jumlah penerima BST yang banyak dan datang tidak sesuai jadwal
Terkait dengan hal tersebut Sonny yang sekaligus menjabat sebagai anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN)menyatakan harus dilaksanakan percepatan sehingga dapat terealisasi 100% pada pertengahan bulan Juli dengan mempercepat pelaksanaan penyaluran dan verifikasi data di beberapa wilayah seperti di kabupaten Nias, kabupaten Nias Selatan, dan kabupaten Simeuleu provinsi DI Aceh.
Selain itu, untuk kendala lokasi pembayaran di PT. Pos Indonesia yang kurang memadai, Kepala Sri Wibowo pada kesempatan pemantauan pencairan menyatakan bahwa Balai “Bahagia” siap memfasilitasi aula kantor sebagai tempat penyaluran, untuk mempercepat distribusi BST.
-Humas Bahagia Medan-

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×