Persiapkan Multi Layanan, Balai Karya Bahagia Medan Adakan Diskusi

0
37
Pegawai Balai mengikuti kegiatan FGD Layanan Rehabilitasi Sosial terhadap Penyandang Disabilitas

MEDAN (17 JUNI 2021). Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas melaksanakan Supervisi dan Evaluasi Program Multi Layanan UPT yang dilaksanakan oleh Sumiatun, selaku Koordinator Bidang Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual dan Sri Wahyuni, selaku Penyuluh Sosial Muda Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas. Keduanya pun menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi yang diadakan terkait rehabilitasi sosial penyandang disabilitas.

Tien Septemberiawati selaku Kepala Layanan Rehabilitasi Sosial mengungkapkan, “Pekerja sosial dan penyuluh sosial dapat mengambil kesempatan untuk belajar tentang penyandang disabilitas untuk mempersiapkan program multi layanan.”

Sumiatun menjelaskan Layanan Rehabilitasi Sosial terhadap Penyandang Disabilitas

Sumiatun menjelaskan layanan rehabilitasi sosial yang dapat diberikan kepada penyandang disabilitas, diantaranya terapi okupasi, terapi sensorik, terapi sensori integrasi, terapi fisik, terapi seni, terapi spiritual, dan sebagainya. Layanan yang diberikan membantu para penyandang disabilitas untuk dapat mandiri dan melakukan aktivitas sehari-hari.
“Kita harus mempersiapkan program multi layanan sehingga harus menambah pengetahuan baru, salah satunya layanan bagi penyandang disabilitas.” ujar Sumiatun.

Sri Wahyuni menambahkan mengenai cara berkomunikasi dengan penyandang disabilitas rungu wicara dan netra.
“Penting bagi kita sebagai Pekerja Sosial untuk mempelajari cara berkomunikasi dasar ketika berhadapan dengan penyandang disabilitas.”

Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan mencoba mempraktekan bahasa isyarat SIBI dan BISINDO.
Diharapkan, sumber daya manusia di Balai Karya Bahagia siap untuk melakukan pendampingan kepada PPKS dengan berbagai kondisi.

Pegawai Balai mempraktikkan bahasa isyarat SIBI dan BISINDO

Sumiatun berharap adanya studi banding ke beberapa Balai Disabilitas agar Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial belajar tentang pelayanan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Humas Balai Karya Bahagia Medan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here