PELAKSANAAN ASISTENSI REHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL DAN KORBAN PERDAGANGAN ORANG

PENDEKATAN AWAL DAN KESEPAKATAN BERSAMA

Pendekatan awal dan kesepakatan bersama meliputi:

1.Asesmen awal
Asesmen merupakan tahapan pemeriksaan mendalam dan seksama mengenai permasalahan dan kebutuhan PPKS dan/atau pihak-pihak yang memiliki pengaruh terhadap PPKS seperti keluarga, teman sebaya, dan pihak-pihak lainnya. Asesmen meliputi permasalahan dan kebutuhan PPKS terhadap pemenuhan kebutuhan dasar, terapi, perawatan sosial dan/atau dukungan keluarga. Asesmen dilakukan secara berkelanjutan sebagai dasar dalam penyusunan rencana intervensi yang tepat.
Asesmen dilaksanakan secara komprehensif meliputi kegiatankegiatan sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan PPKS melalui wawancara dengan PPKS, keluarga, masyarakat dan pihak terkait lainnya menggunakan instrumen yang sudah ditetapkan.
  2. Asesmen dilakukan di tempat yang aman dan nyaman bagi PPKS.
  3. Menggunakan berbagai strategi dan pendekatan untuk memudahkan PPKS dalam menyampaikan informasi.
  4. Asesmen dapat menggunakan berbagai instrumen seperti ecomap, genogram, history map, dan sebagainya sesuai dengan permasalahannya.
  5. Menggali informasi tambahan melalui kunjungan rumah dan kunjungan ke pihak-pihak yang relevan dengan masalah PPKS.

2. Respon kasus
Respon kasus, hal ini dilakukan dalam situasi darurat dan situasi krisis yang memerlukan respon cepat melalui assemen cepat. Respon darurat dapat berupa: rescue/safety, medis, psikologis, alat bantu, penterjemah Bahasa asing, bahasa isyarat dan sebagainya.

3. Kesepakatan awal
Kesepakatan awal merupakan serangkaian kegiatan dalam melakukan kontak awal dengan calon PPKS melalui Identifikasi/verifikasi kasus dan/atau respon darurat.
Identifikasi/verifikasi kasus merupakan proses pengungkapan dan pemahamn PPKS untuk memastikan apakah PPKS tersebut membutuhkan pertolongan. Identifikasi/verifikasi dilakukan dengan kegiatan verifikasi kasus melalui home visit, kunjungan ke lembaga, ruang publik. Respon darurat dilakukan dalam situasi darurat dan krisis yang memerlukan respon cepat melalui asesmen cepat. Respon darurat dapat berupa rescue, safety, medis, dan psikologis.
Kesepakatan bersama merupakan persetujuan antara PPKS sebagai calon PPKS dengan pekerja sosial untuk melanjutkan program pelayanan ATENSI. Kesepakatan bersama berupa kontrak
layanan (informed consent), persetujuan keluarga/orangtua/wali.
Kesepakatan ini diperlukan untuk melindungi PPKS dari tindakan malpraktik serta melindungi pekerja sosial dari konsekuensi hukum akibat dari layanan yang diberikan

Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Chat Support
×