Optimalkan Rencana Sentra Kreasi ATENSI (SKA), Balai Karya Bahagia Medan Adakan Rapat Persiapan SKA

Optimalkan Rencana Sentra Kreasi ATENSI (SKA), Balai Karya Bahagia Medan Adakan Rapat Persiapan SKA

MEDAN (31 Maret 2021), Balai Karya Bahagia Medan menyelenggarakan Rapat Persiapan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) yang berlangsung di Kedai Kopi Bahagia.

Rapat diikuti oleh pegawai Balai Karya Bahagia dan perwakilan Yayasan Galatea serta mendatangkan narasumber yakni Imron Rosadi yang bertugas di Direktorat Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdangangan Orang (RSTS-KPO).

Wibowo menyampaikan sambutan rencana SKA

Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo menyampaikan bahwa Balai Karya Bahagia akan memperkuat layanan Balai dengan pemberdayaan sosial terhadap penerima manfaat.

“Balai mempersiapkan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) dengan harapan dapat membantu penerima manfaat dalam mengembangkan kewirausahaan dan mempromosikan hasil karya atau olahan mereka.” kata Wibowo dalam sambutannya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Balai Karya Bahagia Medan sekarang bertanggungjawab memberikan layanan tidak hanya pada orang dengan HIV saja, namun juga kepada kluster yang khususnya ada di dalam Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang.

Imron menjelaskan tentang SKA
Imron menjelaskan tentang SKA

Imron Rosadi menjelaskan bahwa dalam mempersiapkan SKA dapat dilihat dari 3 (tiga) fungsi supervisi, yakni administrasi, teknis, dan substansi.
“Pertama, Balai harus menyiapkan adminstrasi anggaran berupa pencatatan dan pelaporan, pemberian tugas, asesmen dan evaluasi. Kedua, Balai harus memahami siapa sasaran utamanya. Ketiga, hendaknya Balai menguasai substansi SKA, ini bisa kita lihat pada skema bisnis proses ATENSI.” ujarnya

Berdasarkan hasil rapat, Balai Karya Bahagia akan mempersiapkan SKA dalam beberapa bidang, diantaranya adalah kuliner dan usaha laundry. Ruang dan lahan yang akan digunakan untuk mempersiapkan SKA pun tidak luput dari pembahasan rapat di mana akan ada perluasan ruangan dan perombakan pagar guna mendukung SKA.

Badu menanggapi rencana SKA yang akan dilaksanakan Balai

Badu selaku perwakilan dari Yayasan Galatea menyampaikan, “Kami dari Galatea berterima kasih dan mengapresiasi Kementerian Sosial melalui Balai Bahagia karena telah mengakomodir kebutuhan ODHA dari tahun ke tahun. Dengan adanya perluasan kluster dan Sentra Kreasi ATENSI kami harap penerima manfaat dapat baik secara aspek psikososial dan dapat meningkatkan keberdayaan dirinya dalam hal berwirausaha .” ucapnya

Adanya persiapan SKA pada tahun ini, Wibowo berharap Balai dapat memperluas jejaring kerja dan bekerjasama dalam menyelenggarakan SKA. Dengan demikian, SKA akan terwujud secara optimal bagi penerima manfaat.

 

Humas Balai Karya Bahagia Medan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×