Laporan Respon Kasus AS, Penyandang Disabilitas Fisik di Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara

0
37

Labusel (03/09/2021), Menjawab laporan respon kasus dari usulan Wakil Pimpinan Komisi VIII Sumut, Marwan Dasopang telah dilaksanakan asesmen awal terhadap laporan respon kasus atas nama Akhiruddin Siagian (AS) penyandang disabilitas fisik di Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara.

                                         Balai Karya Bahagia Medan Menyambangi AS

Diketahui AS mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 1999 yang menyebabkan kedua kakinya tidak berfungsi dengan baik. AS beserta istrinya selama ini bekerja sebagai tukang sepatu di sekitaran pasar Kota Pinang. Yang bersangkutan memiliki 4 (empat) orang anak dimana 3 (tiga) diantaranya masih duduk di bangku sekolah. Usaha AS memperbaiki sepatu dilakukan diatas becak motor yang berdasarkan keterangan AS masih dicicil.

Kedatangan Balai Karya Bahagia Medan disambut baik oleh AS beserta keluarga. Dari apa yang disampaikan AS ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, salah satunya AS menolak untuk diberikan motor roda tiga. Hal ini disebabkan karena menurut beliau, dia sudah memiliki prasarana becak motor sebagai mobilisasi dan tempat bekerjanya.

                                      Istri AS Bersama Penyuluh Sosial Muda

“Ada teman disabilitas yang lainnya yang membutuhkan motor roda tiga bu,” ujar AS kepada petugas balai.

Beliau juga mengungkapkan sejauh ini belum terdaftar sebagai penerima PKH. Terkait dengan hal tersebut beliau memohon agar datanya dapat dimasukan kedalam daftar penerima PKH. Sehubungan dengan mobilisasi pekerjaan, AS memohon agar kiranya Kementerian Sosial dapat memberikan bantuan kewirausahaan berupa peralatan perbaikan sepatu.

Berdasarkan hasil diskusi oleh Tim Balai Karya Bahagia Medan, pihak balai akan membantu AS dalam menyusun kebutuhan peralatan usaha untuk kemudian melakukan pendampingan langsung kepada AS ketika membeli peralatan perbaikan sol sepatu. Hal ini dilakukan dalam rangka efektivitas bantuan sehingga bantuan menjadi tepat guna dan tepat sasaran.

Tim Humas Balai Karya Bahagia Medan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here