Kepala Balai Bahagia Medan Usulkan Aspek Rehabilitasi Sosial Tertuang di Perda Penanggulangan HIV/AIDS

Kepala Balai Bahagia Medan Usulkan Aspek Rehabilitasi Sosial Tertuang di Perda Penanggulangan HIV/AIDS

MEDAN, (12 September 2020). Kepala Balai Bahagia Medan, Sumarno Sri Wibowo menghadiri rapat pembahasan rancangan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tentang Penanggulangan HIV/AIDS. Rapat dilaksanakan di kantor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Jalan Teladan Nomor 15 Medan.

Rapat tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan masukan dan pertimbangan terkait penanganan HIV/AIDS. Selain Wibowo, turut hadir pengurus KPA, praktisi kesehatan, akademisi, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang fokus terhadap penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pada kesempatan tersebut, Wibowo memberikan sumbangsih pemikiran terkait penanggulangan HIV/AIDS dari sisi rehabilitasi sosial. Wibowo menekankan keberfungsian sosial dan upaya-upaya dukungan terhadap ODHA dengan menghilangkan stigma dan diskriminasi.

Wibowo bersama peserta yang hadir sedang membahas dan memberi usulan terkait rancangan Peraturan Daerah tentang Penanggulangan HIV/ AIDS

“Tidak hanya aspek kesehatan yang diberikan kepada ODHA, namun perlu intervensi berupa rehabilitasi sosial. ODHA perlu dukungan sosial terlebih saat ini masih banyak stigma dan diskriminasi terhadap mereka” kata Wibowo

“Terkait sanksi, instansi pemerintah dan swasta yang tidak memberikan kesempatan kerja terhadap ODHA harusnya diberikan sanksi, karena ini merupakan bagian dari stigma dan diskriminasi. Namun hal ini terkecuali bila si ODHA tidak memiliki kompetensi atau kualifikasi dari kebutuhan SDM perusahaan” jelasnya.

“Perlu juga penegasan bagaimana pemenuhan pendidikan terhadap anak dengan HIV /AIDS (ADHA). Ada sekolah yang tidak memberikan kesempatan belajar bagi ADHA, perlu gak sanksi atau bisa dengan solusi sekolah inklusif” tegas Wibowo seakan cerita pengalaman menangani kasus ADHA di Samosir yang pernah diusir dari sekolah.

Humas BRSODH Bahagia Medan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×