Balai Karya Bahagia Medan Tanggapi Kasus Lansia di Nagori Bangun Simalungun

0
64
SIMALUNGUN (21 September 2021). Kementerian Sosial RI melalui Balai Karya Bahagia Medan merespon permasalahan yang dialami sepasang lansia di Nagori Bangun Kabupaten Simalungun. Informasi tersebut berawal dari munculnya pemberitaan lansia yang membutuhkan perhatian pemerintah di salah satu media online.
Tim Balai sedang bekoordinasi dengan Aparat Desa Bangun Kec. Gunung Malela

Kepala Balai, Lyana Siregar dan tim terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kasi Sosial Kecamatan Gunung Malela, Hatiman dan Kepala Desa (Pangulu) Bangun, Muhammad Azhar di Kantor Pangulu Bangun. Azhar membenarkan bahwa pasangan suami istri tersebut Pardi (86 tahun) dan Ngatini (81 tahun) dan tinggal tidak jauh dari Kantor Pangulu.

Usai dari Kantor Pangulu, petugas bergegas ke lokasi dan bertemu dengan Pardi dan keluarga. Tampak raut wajah bahagia menjadi sambutan hangat dari sepasang lansia. Biarpun usia sudah kepala delapan, namun Pardi terlihat masih kuat dan mampu untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Bahkan, masih bisa berkomunikasi dengan baik kepada petugas sembari menceritakan pengalaman hidupnya.
 
Tempat tinggal sepasang lansia tersebut tampak usang dan tidak terawat. Rumah terbuat dari dinding menggunakan papan dan salah satu bidangnya menempel semi permanen pada tembok pagar yang berada dekat pinggir jalan lintas. Pardi menyampaikan untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, teh, gula dan yang lainnya hanya bisa mengharapkan belas kasihan dari tetangga.
“Ada juga tetangga yang rutin ngasih beras 5kg tiap bulannya. Kadang juga dapat makan dari tetangga sebelah,” imbuhnya.
 
Keluarga Pardi sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) namun untuk bantuan dari Pemerintah belum pernah didapatkan. Kecuali, BLT Covid-19 yang bersumber dari dana desa dengan indeks 300 ribu rupiah setiap bulannya. Sebelumnya pada tahun 2020, bantuan serupa diterima oleh keluarga Pardi dengan indeks 600 ribu rupiah per bulan.
Menanggapi permasalahan yang dilihat di lapangan, Balai Karya Bahagia Medan menyerahkan bantuan Atensi kepada Pardi dan Ngatini. Bantuan tersebut berupa sembako, perlengkapan tidur, penambah nutrisi dan obat-obatan. Lyana berharap bantuan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
Kepala Balai, Lyana Siregar menyerahkan bantuan Atensi kepada PPKS Lansia di Nagori Bangun.

“Semoga kebutuhan bapak dan ibu tercukupi. Salam dari Ibu Risma,” ujar Lyana sesaat setelah menyerahkan bantuan.

Lyana juga berpesan kepada Pangulu Bangun untuk memnfasilitasi perekaman ulang KTP Pardi. Adanya KTP tersebut menjadi kelengkapan untuk pengurusan BPJS Kesehatan.
Pardi menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Balai. Demikian juga Azhar didampingi oleh Kepala Dusun berterimakasih atas kunjungan petugas dan berkomitmen untuk memfasilitasi pengurusan KTP Pardi yang pernah hilang.
Humas Balai Karya Bahagia Medan