Balai Karya Bahagia Medan Laksanakan Asesmen Komprehensif

0
43
Asesmen Penerima Manfaat di Yayasan Galatea

MEDAN (14 April 2021) , Balai Karya Bahagia Medan melaksanakan asesmen komprehensif kepada penerima manfaat program ATENSI berbasis komunitas melalui Yayasan Galatea.

Pekerja Sosial Balai Karya Bahagia Medan melaksanakan asesmen komprehensif kepada 75 orang dengan HIV yang berlangsung selama 4 hari (13 s.d 16 April) bertempat di Yayasan Galatea.

Kegiatan asesmen komprehensif dilakukan secara sinergi antara Pendamping Sosial ODHA yang ada di Yayasan Galatea dengan Pekerja Sosial Balai Karya Bahagia Medan untuk menentukan jenis kebutuhan dari penerima manfaat, agar nantinya layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Asesmen Penerima Manfaat di Yayasan Galatea

Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo melalui telepon menyampaikan bahwa, “Kerjasama dilaksanakan oleh Balai agar orang dengan HIV mendapatkan dampingan tidak hanya dari komunitas saja tetapi juga dapat menerima layanan ATENSI melalui Balai Karya Bahagia. Dengan mendapatkan layanan ATENSI diharapkan penerima manfaat dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.” jelasnya.

Badu, perwakilan dari Yayasan Galatea menyampaikan, “Yayasan Galatea menyambut hangat kedatangan Petugas Balai. Kami pun sudah menyiapkan tempat bagi Pekerja Sosial agar asesmen terlaksana secara kondusif.” ucapnya.

Pekerja Sosial Usai Melaksanakan Asesmen Penerima Manfaat

Hasil kegiatan asesmen menunjukan bahwa terdapat Penerima Manfaat yang memerlukan layanan pada komponen ATENSI dalam bentuk dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak berupa tambahan nutrisi dan sembako, serta terapi psikososial berupa layanan dukungan psikososial dan konsultasi psikologi.

Adanya kegiatan asesmen komprehensif, Wibowo berharap pelaksanaan asesmen dapat terlaksana secara optimal sehingga menjadi rekomendasi Pekerja Sosial untuk menentukan layanan ATENSI yang tepat bagi penerima manfaat. Selanjutnya hasil asesmen ditindaklanjuti dengan memberikan ATENSI berbasis komunitas melalui Yayasan Galatea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here