Balai “Bahagia” Medan Serahkan Bantuan Sosial Respon Kasus Kepada ODHIV Di Simalungun

Balai “Bahagia” Medan Serahkan Bantuan Sosial Respon Kasus Kepada ODHIV Di Simalungun

Simalungun, (11 September 2020). Balai “Bahagia” Medan menyerahkan bantuan sosial dalam bentuk uang kepada 15 (lima belas) orang dengan HIV (ODHIV) di Kabupaten Simalungun. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo yang turut didampingi Kasi Advokasi, Sinarta kepada perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan Respon Kasus. Penyerahan bantuan turut disaksikan oleh Pengurus KDS Simalungun Support, Dinas Sosial Kabupaten Simalungun dan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Simalungun.

Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo menyerahkan Bantuan Sosial Respon Kasus secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Masing-masing peserta mendapat bantuan sosial senilai Rp2.500.000,- yang ditransfer melalui rekening peserta. Bantuan tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha atau keterampilan yang diperoleh selama 3 (tiga) hari melalui kegiatan Respon Kasus.

“Bantuan sosial dalam kegiatan respon kasus ini total nilainya Rp37.500.000,- untuk 15 (lima belas) ODHA. Harapan kami dari Kementerian Sosial bantuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang ada” kata Wibowo saat memberikan sambutan.

Kepala Balai menyampaikan informasi tentang bantuan sosial Respon Kasus kepada para peserta.

“Kegiatan ini juga terlaksana atas kerjasama dengan LKS setempat yakni KDS Simalungun Support. Kami berharap Bapak/ Ibu peserta tetap terlibat aktif pada kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas atau KDS Simalungun Support” Lanjut Wibowo.

Wibowo juga menyampaikan bahwa model pelayanan rehabilitasi sosial pada tahun 2021 akan berbeda dengan sebelumnya. Pendekatan yang dilakukan yaitu Atensi atau Asistensi Rehabilitasi Sosial dimana pelayanan rehabilitasi sosial diselenggarakan dengan berbasis residensial, berbasis komunitas dan berbasis keluarga.

Salah satu peserta penerima bantuan sosial mengajukan pertanyaan kepada Kepala Balai.

“Salah satu program pelayanan di tahun depan (2021) adalah program Day Care. ODHA dapat melakukan konsultasi dengan petugas yang melayani misalnya seperti Pekerja Sosial, Psikolog, Penyuluh Sosial, dan tenaga pelayanan lainnya. Pemberian bantuan sosial memiliki nilai yang berbeda-beda, tergantung permasalahan dan kebutuhan dari Bapak/Ibu sekalian. Tentunya, hal ini menjadi tanggung jawab Pekerja Sosial dalam menilai Atensi yang bisa diberikan.“ jelas Wibowo saat menanggapi pertanyaan yang diajukan salah satu peserta.

Humas BRSODH “Bahagia” Medan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×