Balai Bahagia Medan Fasilitasi Rumah Antara Bagi ODHA Dari Kota Siantar

Balai Bahagia Medan Fasilitasi Rumah Antara Bagi ODHA Dari Kota Siantar

MEDAN (10 Agustus 2020). Program Rumah Antara merupakan salah satu program layanan rehabilitasi SOSIAL yang diselenggarakan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (BRSODH) “Bahagia” di Medan. Program ini ditujukan bagi Orang Dengan HIV/ AIDS (ODHA) yang memerlukan pelayanan sementara di Balai.

Sebanyak 8 (delapan) ODHA dari KDS Siantar Plus mendapatkan pelayanan Rumah Antara sejak hari Minggu (9 Agustus). Penerima manfaat tersebut mendapatkan pelayanan Rumah Antara sebelum melanjutkan perjalananannya menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.

Kasi Asesmen, Budi Prayitno (pertama dari kiri) bersama Buddies dan PM Rumah Antara menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan covid-19 selama pelayanan berlangsung.

Kepala Seksi Asesmen, Budi Prayitno menjelaskan bahwa Penerima Manfaat tersebut mendapatKAN layanan DI Rumah Antara dalam rangka melakukan pengecekan Viral Load (VL) di RSUP Haji Adam Malik Medan. Selama berada di Balai, Penerima Manfaat mendapatkan pendampingan dan dukungan sosial dari Pekerja Sosial dan Pendamping Sosial (Buddies).

“PM yang dari Siantar Plus dan Simalungun Support ini ada 8 orang, dan tiba di balai kemarin sore. Hari ini mereka ke Rumah Sakit Adam Malik untuk pengecekan viral load yang diselenggarakan secara gratis. Selesai pengecekan, mereka kembali ke tempat tinggal mereka di Kota Pematangsiantar. Balai Bahagia Medan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dasar, seperti tempat tinggal, permakanan, termasuk pemberian dukungan sosial dari Pekerja Sosial dan Buddies” jelas Budi.

“Tentunya kita sambut mereka dengan baik, kita pastikan Rumah Antara atau bisa disebut sebagai Rumah Aman bagi ODHA dapat bermanfaat walau pelayanannya hanya sementara. Selain pemenuhan kebutuhan dasar, perlengkapan mandi pun difasilitasi oleh balai” tambah Budi yang mendampingi Penerima Manfaat tersebut.

Budi juga menjelaskan bahwa Penerima Manfaat Rumah Antara bukan hanya ODHA saja, namun dapat ditujukan kepada Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA) dan juga OHIDHA.
“OHIDHA itu orang yang hidup dengan HIV/AIDS, bisa suami atau istri ataupun keluarga yang mendampingi atau tinggal bersama dengan ODHA maupun ADHA. Bila mereka mendampingi untuk menerima layanan di Rumah Antara, tentunya OHIDHA ini kita beri pelayanan juga.” Imbuh Budi.

Melalui program Rumah Antara BRSODH “Bahagia” di Medan diharapkan dapat bermanfaat bagi ODHA yang membutuhkan pelayanan sementara dalam rangka memperoleh fasilitas/pelayanan publik di Kota Medan. Hal tersebut sebagai salah satu implementasi Kemensos HADIR bagi masyarakat.

Humas BRSODH “Bahagia” Medan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×