151 ODHA di Bandar Lampung dapat ATENSI dari Balai Karya Bahagia Medan

151 ODHA di Bandar Lampung dapat ATENSI dari Balai Karya Bahagia Medan

BANDAR LAMPUNG (18 Maret 2021). Sebanyak 151 Orang Dengan HIV/ AIDS (ODHA) di Kota Bandar Lampung mendapatkan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial melalui Balai Karya Bahagia Medan. ODHA yang menerima Atensi merupakan dampingan KDS Jaringan ODHA Berdaya (JOB) Kota Bandar Lampung.

Implementasi Atensi yang diberikan dalam pemenuhan kebutuhan layak hidup dengan pemenuhan sembako untuk 53 ODHA, pemenuhan nutrisi untuk 52 ODHA, pemenuhan nutrisi untuk 11 (sebelas) ADHA, pemenuhan pengembangan usaha untuk 14 ODHA, pemenuhan modal usaha untuk 16 ODHA. Selain itu, terdapat 5 (lima) ADHA yang mendapat implementasi Atensi dalam bentuk pemenuhan kebutuhan perlengkapan sekolah untuk pembelajaran secara daring masing-masing 1 (satu) unit ponsel.

Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo menyerahkan secara simbolis ATENSI pemenuhan kebutuhan perlengkapan sekolah kepada salah satu ADHA di KDS Jaringan ODHA Berdaya, Bandar Lampung.

Kepala Balai, Sumarno Sri Wibowo didampingi oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Lampung, Ratna Fitriani dan Kasubbag Tata Usaha Balai Karya Bahagia Medan, Lyana Siregar menyerahkan Atensi pemenuhan kebutuhan ODHA secara simbolis kepada penerima manfaat. Wibowo menyampaikan bahwa bentuk ATENSI yang diterima oleh ODHA merupakan hasil asesmen permasalahan dan kebutuhan para ODHA oleh Pekerja Sosial Balai Karya Bahagia Medan.

“Atensi atau Asistensi Rehabilitasi Sosial merupakan program yang dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, salah satunya melalui pemenuhan kebutuhan para penerima manfaat. Contohnya dari data yang dikirim oleh KDS Jaringan ODHA Berdaya Bandar Lampung, kita melakukan asesmen dan melihat kebutuhan yang tepat untuk ODHA maupun ADHA.” Jelas Wibowo saat menyampaikan arahan terkait Asisten Rehabilitasi Sosial.

“Misalnya, saat ini ada 5 (lima) ADHA yang masih sekolah dan tentunya butuh HP mengingat proses pembelajaran secara daring. Dari asesmen tersebut, kita melakukan Case Conference dan telah disepakati bahwa Balai Karya Bahagia Medan memberikan 1 (satu) unit HP kepada masing-masing ADHA. Selain itu, bagi ODHA yang membuka warung, ya kita sediakan kebutuhan untuk membuka warung misalnya beras, indomie, gula dan sembako lainnya. ” tambah Wibowo.

“Sekarang yang digadang-gadang ibu Mensos adalah pemberdayaan bagi Penerima Manfaat. Makanya kami berharap bisa besinergi dengan Dinas Sosial, LKS dan instansi terkait dalam memberdayakan teman-teman ODHA melaui kegiatan pengembangan usaha” pintanya agar ODHA bisa hidup mandiri dan berdaya.

Kabid Rehsos Dinsos Prov. Lampung, Ratna Fitriana menyerahkan secara simbolis ATENSI pemenuhan kebutuhan hidup layak kepada salah satu ADHA di KDS Jaringan ODHA Berdaya, Bandar Lampung.

Kabid Rehsos, Ratna Fitiriani mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI secara khusus kepada Balai Karya Bahagia Medan yang telah memberikan program Atensi kepada ODHA di Provinsi Lampung. Ratna berharap ODHA yang menerima pemenuhan kebutuhan layak hidup bisa memanfaatkan secara tepat.

“Saya mewakili teman-teman ODHA disini, mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian yang sudah diberikan Kementerian Sosial. Terima kasih atas semuanya, semoga ini bukan yang pertama kali, semoga ada lagi perhatian-perhatian yang lain” kata salah seorang Ibu dari ADHA yang mendapat Atensi dalam bentuk pemenuhan kebutuhan perlengkapan sekolah.

Humas Balai Karya Bahagia Medan

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Selamat Datang

Silahkan pilih Layanan yang anda inginkan

Pelayanan Dalam Balai

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan di dalam BRSODH Bahagia Di Medan

Respon Kasus

Informasi tentang Pelayanan yang diberikan berdasarkan Laporan Masyarakat dan kaitannya dengan Pelayanan Luar BRSODH Bahagia Di Medan

Konseling

Pelayanan konsultasi Psikologi bagi masyarakat terkait HIV AIDS

Pengaduan Masyarakat

Media bagi Masyarakat untuk Melaporkan tentang Pelayanan BRSODH Bahagia Di Medan

Sahabat ODHA

Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bagi ODHA
Chat Support
×